Tips merawat Komponen Hardware Komputer agar Awet dan Performanya tetap terjaga

Kenapa sih PC harus di Service? Mungkin ini pertanyaan yang paling dasar yang sering di tanyakan, jawabanya mudah saja, kenapa Komputer / Laptop Harus rajin – rajin di service ; yang pertama ialah karena semua barang elektronik itu memang harus di service agar barang tersebut bisa berumur panjang, karena barang elektronik yang rajin di service dengan yang tidak pernah di service sama sekali itu umurnya akan berbeda, terlihat peralatan elektronik seperti laptop dan komputer yang rutin di service umur nya akan panjang dan performa nya pun akan tetap stabil walaupun sudah bertahun – tahun di gunakan.

Dalam servie Laptop atau Komputer sendiri terbagi kedalam dua kategori, yaitu kategori yang pertama ialah service pada bagian Hardware komputer, seperti yang kita ketahui bahwa Laptop / PC memiliki 2 kategori komponen, yaitu yang pertama Hardwer atau perangkat keras dan yang kedua adalah Software atau perangkat lunak.

Nah, kali ini saya akan lebih terfokus ke dalam cara service atau merawat komponen Hardware nya saja, sedangkan untuk service pada bagian Software mungkin akan saya sertakan di artikel selanjutnya.

Tips Merawat Komponen Hardware Komputer

Sebelum ketahap selanjutnya atau tahap eksekusi, kalian harus mempersiapkan Pralatan Servicenya terlebih dahulu di antarnya :

a. Kuas

b. Pasta Termal

c. Sikat gigi dengan bulu sikat yang halus

d. Penghapus dan yang terakhir

e. Lap kain yang kering dan bersih

Tahap Eksekusi

Jika peralatanya sudah siap semua, langsung ke tahap eksekusi berikut ini :

1. Lepaskan semua kabel yang menghubungkan ke PC

2. Letakan PC tersebut di lantai atau di tempat yang mudah untuk kalian jangkau pada keseluruhan PC tersebut.

3. Lepaskan semua baut yang ada di Kesing, beserta penutup kesingnya.

4. Baring kan PC tersebut, kemudian lepaskan baut yang mengunci VGA Card jika PC kalian menggunakan VGA Card, tapi jika tidak langkah ini bisa kalian skip saja.

5. Lepaskan VGA Card dengan pelan – pelan dan berhati – hati.

6. Lanjut dengan melepaskan kabel yang terhubung ke Hardisk baik itu Kabel Sata maupun kabel Power.

7. Lepaskan baut yang mengunci Hardisk dan keluarkan hardisk tersebut dari kasing Komputer.

8. Selanjutnya ialah melepaskan RAM, caranya silahkan kalian tekan tuas pengunci RAM dan keluarkan Kepingan RAM tersebut satu persatu.

9. Lepas kan kabel 24 pin dan 4 Pin dari PSU ke Motherboard di lanjutkan dengan melepaskan kabel Front Panel dan Kabel HD Audio dan USB, pokoknya semua kabel yang tertancap di Motherboard di lepas saja semuanya.

10. Kemudian lepaskan semua Baut yang mengunci Motherboard, lalu keluarkan Motherboard dari dalam Kasing.

11. Lepaskan baut kesing yang tadi di awal masih belum di lepas beserta Kesing bagian sisi satunya.

12. Sekarang lanjut untuk melepaskan baut pada PSU, kemudian mengeluarkan PSU (Power Supply) tersebut dari Kesing, hingga tidak ada lagi komponen Hardware yang masih tersisa di Kesing.

13. Pada bagian Motherboard, lepaskan Fan Processor dan Processor dari motherboard, untuk membersikah dari kotoran – kotoran yang menempel dengan cara :

- Lepaskan tuas pengunci Fan

- Angkat Fan

- Kemudian Lepaskan tuas pengunci Processor

- Lalu keluarkan Processor dari Motherboard

14. Bersihkan Motherboard dengan Kuas yang telah di siapkan tadi, bersihkan setiap sela – sela yang ada di motherboard.

15. Lanjut dengan membersihkan Fan Processor dan Processor dengan Lap bersih.

16. Lepaskan Baut yang ada di Fan Processor untuk melepaskan Fan Processor dengan Besi yang menempel, jika sudah langsung saja di bersihkan Besi Fan Processor dan Fan Processornya sampai benar – benar bersih semuanya.

17. Bersihkan RAM pada bagian kuningan RAM dengan Penghapus.

18. Bersihkan juga Hardisk dengan kuas dan lap, dan pada bagian Kuningan Hardisk bersihkan dengan menggunkan penghapus

19. Kemudian lanjut dengan membersihkan Power Supply dengan menggunakan kuas.

20. Lalu bersihkan juga VGA Card dengan kuas dan lap, sampai semua debu yang menempel hilang, dan di bagian kuningan VGA Card bersihkan dengan menggunkan Penghapus.

21. Selanjutnya juga bersihkan Kesing Komputer, untuk debu yang membandel kalian bisa menggunakan sikat gigi halus atau di bagian yang sempit bisa menggunakan Kompressor agar semua debu yang menempel di kesing bisa hilang.

Perakitan Kembali Komputer

Jika sudah semua tahap pembersihan Komponen Hardware yang ada di Komputer selesai, lanjut ke tahap perakitan kembali, untuk tahap perakitan ini kalian bisa melihat video di channel Youtube saya yang berjudul “Cara merakit PC Episode 1” silahkan link tersebut agar Anda di alihkan ke halaman Video Youtube.

Sebaiknya cara di atas kalian lakukan dengan rutin yaitu minimal setiap 6 bulan sekali atau jika sebelum 6 bulan tapi PC kalian sudah terlihat usang dan banyak debu menembel kalian bisa langsung saja melakukan proses pembersihan, langkah ini merupakan bagian dari cara perawatan pada Komputer agar Komputer kalian bisa awet dan performanya tetap terjaga.  Selamat Mencoba Keep Calm and Enjoy.

Jika di rasa artikel di atas kurang jelas kalian bisa menonton videonya di bawah ini :



Postingan terkait: