Komputer Otomatis Mati (Shut Downd) Pada Windows 7/XP

 Kadang kala saat kita bermain computer/laptop lalu tiba-tiba langsung tertidur tanpa mematikan computer tersebut terlebih dahulu. Sehingga komputernya tetap hidup walupun tidak ada yang mengoprasikannya (mejalankanya).

Hal ini bisa berbaya dan menjadi masalah serius, karena bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian system pengoprasian computer tersebut yaitu CPU. Di mana dalam kondisi yang sangat parah akan menyebabkan computer tidak bisa di hidupkan. Di karenakan System yang tidak berhenti bekerja dengan waktu yang cukup lama tanpa istirahat, sehingga jika mencapai batasan tertentu maka computer tersebut akan hang dan tidak bisa di hidupkan. Dan itu
yang saya alami.

Sehingga saya membagikan tutorial ini kepada Sobat sekalian agar tidak seperti saya, yang lupa untuk mematikan computer sehingga berdampak pada ke rusakan computer itu sendiri dan alhasil computer pun tidak bisa dinyalakan lagi (hang), ye hore.

Komputer Otomatis Mati (Shut Downd) Pada Windows 7/XP

Kalau sudah begitu ya terpaksa harus di bawa ke tukang service dan pastinya mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Jadi dari pada buang-buang uang untuk membetulkan computer, apa tidak sebaiknya kita merawat computer tersebut sehingga uangnya bisa di pakai untuk keperluan yang lain semisalnya untuk membeli buku dan lain-lain.
Baca Juga : Cara Mengambil Screenshot Pada Komputer

Memberi Waktu Agar Komputer Otomatis Mati (Shut Downd)

Nah berikut langkah-langkah yang perlu Sobat lakukan agar computer Sobat otomatis mati sendiri (seperti di beri waktu). Sama halnya saat kita menyewa warnet yang memberikan waktu untuk kita menggunakannya, jika waktu habis, setelahnya maka computer akan otomatis mati sendiri. Oke next ini dia cara-caranya.

1. Pastinya komputer harus di nyalakan terlebih dahulu jika sedang dalam keadaan mati, dan jika sudah nyala bisa langsung ke tahap selanjutnya.

2. Pada halaman desktop computer. Sobat tekan tombol Windows + R (run) pada keyboard yang Sobat gunakan.

3. Pada kotak penelusuran tersebut. Sobat ketikkan kode di bawah ini lalu tekan enter.
shutdown.exe -s -t 3600
Lihat gambar.

Komputer Otomatis Mati (Shut Downd) Pada Windows 7/XP


4. Jika berhasil, Maka akan terdapat pemberitahuan notifikasi di sebelah kanan bawah pada bagian navbar, bahwa komputer akan mati dalam 60 menit. Lihat gambar.

Komputer Otomatis Mati (Shut Downd) Pada Windows 7/XP


5. Dengan begitu berarti Sobat telah berhasil mengatur waktu mati pada computer. Sehingga pada saat nya computer akan otomatis mati sendiri.

Pada kode di atas tersebut tertera angka 3600, yang berarti computer akan mati dalam waktu 60 menit atau 1 jam. Sobat bisa mengubah angka tersebut dengan waktu yang di inginkan. Misalnya, waktu 2 jam, yang berarti 120 menit. Nah angka 3600 tersebut Sobat ganti menjadi angka waktu yang Sobat mau. Misalnya 120 x 60 = 7200 yang berarti computer Sobat akan mati dalam waktu 2 jam atau 120 menit.

Untuk membatalkannya, cara yang di gunakan kurang lebih sama, hanya saja pada kode tadi di ganti menjadi kode di bawah ini.
shutdown.exe –a
Lihat gambar.

Komputer Otomatis Mati (Shut Downd) Pada Windows 7/XP


Jika berhasil akan terdapat notifikasi seperti gambar di bawah.

Komputer Otomatis Mati (Shut Downd) Pada Windows 7/XP


Oke sekian, semoga bermanfaat dan trimakasih.

Postingan terkait: